Dampak yang ditimbulkan oleh pH tanah yang terlalu asam


    PH tanah merupakan suatu sebutan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan pada tanah. Sobat bisa mengukur derajat keasaman pada tanah dengan menggunakan alat yang dinamakan pH meter.
   Pada pertanian derajat keasaman pada tanah sangat mempengaruhi pada tumbuh kembangnya tanaman. Maka dari itu pada pertanian pengaturan pH tanah sangat penting untuk dicermati sob, jangan sampai pH tanah terlalu asam ataupun basa.
    Ukuran pH pada tanah yang bisa disebut wajar memang tergantung pada tanaman, karena beda tanaman beda juga pH yang dibutuhkannya.
    Namun meskipun berbeda tapi tanaman akan tumbuh baik pada pH netral atau bisa juga pada tingkat ph 6-7 karena pH 6 tidak begitu asam sob, pH netral yaitu dengan nilai pH 7. Jika nilai pH lebih dari 7 maka tanah disebut basa jika nilai pH dibawah 7 maka tanah disebut asam sob.
   Tak perlu panjang lebar lagi sob kita bahas saja dampak nilai pH tanah yang terlalu tinggi atau dengan nilai pH diabawah 7.
  • Mikroorganisme
      Derajat keasaman yang tinggi pada tanah akan mengakibatkan matinya mikroorganisme tanah yang tidak kuat terhadap asam.
  • Racun
   Pada tanah yang terlalu asam akan meningkatkan kadar logam Al, Fe, dan Mn. Unsur tersebut apabila pada tanah terkandung berlebih dan di serap oleh tanaman secara berlebih pula akan menjadi racun bagi tanaman kita sob.
  • Penyerapan nutrisi
    Penyerapan nutrisi baik makro maupun mikro pada keadaan tanah yang terlalu asam juga tidak akan berjalan dengan baik, tanaman akan menyerap nutrisi atau hara dengan baik pada pH yang netral. Maka dari itu bagi tanaman akan berakibat pada kurangnya asupan nutrisi sehingga tanaman menjadi kerdil atau pertumbuhannya terganggu.
  • Rusaknya akar tanaman
   Pada pH tanah yang terlalu asam tumbuhan tidak akan tumbuh dan berkembang dengan sempurna karena pada pH tanah yang terlalu tinggi akar yang berfungsi menyerap hara akan rusak dan tidak tumbuh dengan baik sehingga tanaman rusak karena kurangnya unsur hara/Nutrisi
    Itulah sob dampak tanaman yang terlalu asam bagi tanaman kita. 

Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perempelan pada tanaman Terong

Cara sambung pucuk tanaman takokak dengan terong mudah dan sederhana

Keunggulan pemupukan sistem kocor pada tanaman