Belajar Menanam Jahe Dalam Polybag


    Semua pasti sudah tau apa itu yang namanya jahe yah sob jadi kita tak usah membahasnya panjang lebar pengertian jahe dan antek-anteknya..he

    Kita langsung saja ke cara menanam jahe dalam polybag sob.


  • Pemilihan bibit
    Dalam pemilihan bibit sobat pilihlah bibit yang besar dan biar lebih cepat siang pilih yang sudah muncul tunas tuh, dipasar juga sobat bisa menemukan jahe yang sudah bertunas gampang sob.
  • Penyiapan bibit
    Tahapan penyiapan bibit yaitu sobat harus memisahkan kepingan jahe menjadi satu tunas, akan lebih baik bila pemisahan kepingan jahe dilakukan dengan pematahan sob tanpa alat seperti pisau dan lain-lain agar lebih steril.
  • Penyiapan media
    Penyiapan media untuk menanam jahe sebenarnya sobat bisa mengisi polybag dengan tanah yang sudah di campur pupuk kandang kira-kira 10 cm terlebih dahulu pada polybag. Intinya tunas bibit jahe terkubur sampai tidak kelihatan rimpang jahenya.
  • Penanaman bibit
    Pada penanaman bibit sobat bisa membuat lubang tanam sesuai dengan besarnya bibit jahe tadi, usahakan saat menanam bibit jahe pada lubang, tunas menghadap keatas agar lebih cepat pertumbuhannya.
  • Perawatan
    Perawatan tanaman jahe sesungguhnya tidaklah sulit sob, sebenarnya tanpa pupuk kimia pun tanaman jahe akan subur, Namun bila dirasa kurang apdol tanpa pupuk kimia sobat bisa tambahkan saja ½ sendok pupuk kimia per 2 Minggu.
     Perawatan disini juga sobat harus memasukan tanah dan pupuk kandang kembali karena di awal tanah dalam polybag hanya 10cm, maka dari itu apabila rimpang jahe sudah nampak ke atas tanah kubur kembali dengan campuran tanah dan pupuk kandang sampai tidak terlihat rimpangnya begitupun seterusnya.
      cara ini agar tanah tidak mengeras sehingga kita tidak perlu menggemburkan tanah dalam polybag sob .
     Perempelan juga perlu dilakukan agar muncul tunas-tunas muda pada tanaman dengan cara membuang pohon jahe yang terlihat menguning sob.
  • Pemanenan
Pemanenan jahe dalam polybag gampang sekali yah sob? Sobat hanya perlu mengeluarkan tanah dari polybag dan hancurkan tanahnya beres kan sob..he

Comments

Popular posts from this blog

Perempelan pada tanaman Terong

Cara sambung pucuk tanaman takokak dengan terong mudah dan sederhana

Keunggulan pemupukan sistem kocor pada tanaman