Perempelan pada tanaman Terong

   Perempelan merupakan suatu jenis kegiatan yang dilakukan pada pertanian untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, mempercepat pembuahan dan meningkatkan hasil panen.

      Perempelan merupakan pembuangan atau pemotongan bagian tanaman yang dirasa tidak perlu atau hanya sebagai parasit saja pada tanaman.

Inti dari perempelan adalah memaksimalkan hara atau zat makanan pada tanaman untuk keperluan yang sobat inginkan dari tanaman.

Disini saya akan membahas cara perempelan pada tanaman terong sob.




Pada tanaman terong perempelan dilakukan pada.


  • Tunas liar
        Tunas liar merupakan tunas-tunas yang tidak diharapkan tumbuh atau tunas yang bisa menurunkan hasil panen dan merugikan pertumbuhan tanaman.

    Yang dimaksud tunas liar pada tanaman terong ialah tunas yang tumbuh pada ketiak daun.

      Namun perlu diingat sob perempelan tunas tanaman terong hanya dilakukan pada tunas yang tumbuh pada ketiak daun dibawah bunga atau buah pertama.

    Setelah terong berbunga atau berbuah tunas yang tumbuh diatas buah pertama dibiarkan agar membentuk percabangan.


  • Daun rusak atau tua
      Daun tua atau rusak tergolong parasit bagi tanaman sob, mereka menyerap makanan namun mereka tidak menghasilkan makanan karena daun yang rusak atau tua mereka tidak bisa berfotosintesis atau membuat makanan.

     Maka dari itu buanglah daun yang rusak dan tua pada tanaman agar makanan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain pada tanaman.


  • Buah rusak
      Buah rusak memang bukan karena busuk saja tapi pertumbuhan yang tidak normal seperti kerdil itu juga termasuk buah rusak.

    Membuang buah yang rusak atau tidak seperti yang diharapkan juga bisa saja sobat lakukan untuk merangsang pertumbuhan buah selanjutnya yang lebih baik.

    Membuang buah yang rusak memang akan memaksimalkan zat yang digunakan untuk pembuahan selanjutnya.

   Daripada kita membiarkan buah yang rusak yang akan menghambat pertumbuhan buah lain karena perebutan makanan untuk proses pembesaran lebih baik kita membuangnya.

    Malahan Bisa saja karena perebutan makanan buah menjadi kekurangan makanan yang mengakibatkan semua buah menjadi rusak atau tidak seperti yang diharapkan.




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara sambung pucuk tanaman takokak dengan terong mudah dan sederhana

Keunggulan pemupukan sistem kocor pada tanaman