Cara Menanam Singkong

     Pada artikel kali ini mari kita belajar tentang cara menanam singkong sob, ada yang minat nih menanam singkong..?

  Singkong merupakan umbi pohon atau ketela pohon sob, umbi umbian memang dikenal sebagai sumber karbohidrat selain dimanfaatkan umbinya singkat pun bisa dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran.

    Menanam singkong memang sangat gampang sob. Sobat hanya perlu cangkul,tancapkan dan panen deh selesai.. hehe mari kita belajar langkah-langkahnya di bawah sob.

Lakukan tahapan ini dalam menanam singkong

1. Pemilihan bibit unggul


    Langkah pertama dalam pertanian yang harus di cermati adalah memilih bibit unggul pastinya sob , bibit akan menentukan hasil.
   Kalau di kampung kampung sangat mudah memang memperoleh bibit kita tinggal minta ke tetangga juga mereka pasti ngasih tuh mau seberapa banyakpun..he

2. Persiapan bibit


   Dalam persiapan bibit singkong sangat mudah, sobat hanya perlu memotong motong pohonnya kira-kira 20cm. Tapi sobat juga harus perhatikan tuh sebaiknya pohon yang akan di jadikan bibit yang udah besar dan tua yah sob.

3. Pengolahan lahan

       Pengolahan lahan dalam budidaya singkong haruslah gembira jika lahan keras haruslah mencangkulnya sob, jika lahan keras singkong sebenernya tetap tumbuh namun kita bukan menanam asal tumbuh tapi umbinya yang besar dan banyak bukan?

     Untuk itu apabila lahan keras harus digemburkan terlebih dahilu agar si umbi bisa membesar dengan mudah nantinya.

4. Penanaman


Penanaman singkong sangat mudah sob, sobat tinggal tancap saja tuh pohon singkong yang sudah di potong potong dengan jarak kurang lebih ½ meteran.

        Dan perhatikan juga sob mata tunasnya mengarah ke atas jangan sampai terbalik. Nanti bisa bisa umbi di atas daun di bawah tuh sob ..hehe bercanda sob.
        apabila mata tunas kembali nanti pertumbuhannya tidak optimal sob, si tunas nanti harus putar balik dulu tuh agar tumbuh keatas.

5. Pemanenan

   Dalam Pemanenan sobat bisa cabut saja tuh pohon singkongnya dengan catatan sobat kuat tuh.



Comments

Popular posts from this blog

Perempelan pada tanaman Terong

Cara sambung pucuk tanaman takokak dengan terong mudah dan sederhana

Keunggulan pemupukan sistem kocor pada tanaman