Cara mempercepat tanaman strawberry berbuah

   

     Sobat memiliki tanaman strawberry dirumah namun tanaman strawberry sobat tidak berbuah-buah. Gampang saja sob, sobat hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut agar tanaman sobat mau berbuah banyak.

Langsung saja sob disimak cara-caranya.


1. Stres air

   Stres air merupakan tahap awal untuk membuahkan strawberry, biarkan tanaman strawberry yang sehat tanpa penyiraman sampai tanaman itu layu tapi ingat sob bukan layu karena kepanasan siang hari tapi layu karena tanah dalam polybag gersang, intinya biarkan tanaman strawberry tanpa penyiraman sampai gersang dan strawberry menjadi layu.

         Ketika sudah proses stres air beri pupuk dan siram seperti biasa yah sob jangan dibiarkan stres air terus selama hidupnya nanti malah mati tuh strawberry..hehe

2. Pemberian perangsang buah

     Pemberian perangsang buah pada tanaman strawberry untuk mempercepat pembuahan itu sangat penting karena kita tidak ingin strawberry kita berbuah tapi asal asalan kan sob maka dari itu kita beri perangsang buah agar buahnya bagus dan banyak sob.

        Waktu pemberian perangsang buah yaitu pada saat tanaman strawberry dilakukan stres air, mengapa dilakukan pada saat stres air mudah saja sob karena pada saat stres air tanaman akan sangat peka terhadap hara. Sobat bisa melakukan pemberian perangsang buah 1minggu 1x dengan cara penyemprotan pada daun. Atau bisa juga dengan cara penyiraman sob pada saat tanaman mulai layu.

3. Perempelan anakan strawberry

         Perempelan pada anakan strawberry harus dilakukan agar tanaman strawberry tidak kehilangan nutrisi yang digunakan untuk beranak buang semua anakan yang muncul pada tanaman strawberry.

4. Perempelan daun

    Pada perempelan daun sangat mutlak harus dilakukan. Buang semua daun yang sudah menguning karena daun yang menguning sudah tidak bisa berfotosintesis.

        Jadi daun yang menguning bisa disimpulkan sebagai parasit saja sob minta makan tapi engga menghasilkan makanan.

5. Pemupukan
   
    Pemupukan mutlak harus dilakukan pada tanaman agar tanaman sehat dan pertumbuhannya bagus.
        Dalam pemupukan sobat bisa menggunakan pupuk NPK mutiara saja dengan takaran setengah sendok per pot namun jangan terlalu dekat dengan pohonnya, apabila terlalu dekat tanaman bisa mati karena panas dari pupuk.

Sekian sob cara cepat membuahkan strawberry menurut pengalaman saya.

Comments

Popular posts from this blog

Perempelan pada tanaman Terong

Cara sambung pucuk tanaman takokak dengan terong mudah dan sederhana

Keunggulan pemupukan sistem kocor pada tanaman