Budidaya Kapol atau Kapolaga



       Kapolaga merupakan tanaman jenis rempah berbentuk polong kecil.

Kapolaga sering digunakan sebagai tempat untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat tradisional.

Apabila sobat ingin menanam kapolaga sobat bisa perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Pemilihan Bibit Unggul



     Dalam tahap pemilihan bibit kita harus mempertimbangkan bibit yang akan kita tanam karena bibit akan menentukan hasil panen nanti sob.

     Yang dimaksud dengan bibit yang unggul adalah bibit yang sudah terlihat menghasilkan buah yang banyak yah sob. Atau sobat bisa pilih yang terbaik yang ada di lingkungan sobat saja dengan ciri dahan besar pertumbuhan cepat dan buah yang banyak.

2. Pengambilan bibit



        Dalam budidaya kapolaga orang lebih banyak mengambil bibit dari rumpun kapolaga langsung.

     Sobat bisa mengambil bibit kapolaga dari rumpun nya dengan cara mencabutnya sampai akar baik itu anakan maupun indukannya.
Potong atau pisahkan pohon kapolaga itu jadisatu pohon - satu pohon sob.

      Dan apabila sobat mengambil pohon yang tua sebaiknya sobat buang saja daunnya agar membentuk anakan dibawah lebih cepat sob.

3. Persiapan lahan

       Lahan untuk menanam kapolaga haruslah bersih dari rumput liar sob agar kapolaga bisa tumbuh cepat dan maksimal.

    Tahap persiapan lahan sobat harus bersihkan lahan lalu buat lubang tanam dengan jarak 1.5 m dan lubang tanam tidak usah terlalu dalam yah sob yang penting bibit kapolaga tidak rebah saat ditanam.

4. Penanaman


     Setelah pembuatan lubang tanam sobat kasih tuh pupuk kandang pada dasar lubang lalu tutupi tanah sedikit dikhawatirkan apabila tidak ditutupi tanah dulu bibit akan busuk kepanasan oleh pupuk kandang.

    masukan bibit kapolaga kubur dan padatkan agar tidak rubuh. Sobat cukup mengisi lubang tanam dengan 1 pohon kapolaga sob. Nantinya anakan akan muncul di samping - samping pohon yang ditanam.

5. Perawatan dan Pemupukan



      kapolaga sangat suka dengan kebersihan sob, maksud bersih disini bukan berarti bersih dari noda atau kuman yah sob tapi bersih dari gulma/ rumput liar.

    Jadi selalu bersihkan lingkungan tanaman kapolaga agar tidak ada rumput liar sob. 

     Pemupukan kapolaga disini saya lebih suka memupuk kapolaga dengan pupuk kandang saja, cara menggunakannya sobat tinggal taburkan pupuk kandang pada rumpun kapolaga tersebut dan kalau bisa sampai terkubur anakannya sob.

    Kapolaga juga perlu perempelan atau pembuangan dahan yang sudah tua sob agar anakan bertumbuh banyak lagi.

     Pengemburan sekeliling tanaman juga sangat penting sob agar tanaman kapolaga tumbuh dan berkembang banyak. Intinya lebih besar rumpun buah juga akan semakin banyak sob.

6. Pemanenan




       Dalam Pemanenan sobat haruslah memanen buah Kapol yang sudah besar / tua sob, agar penyusutan buah Kapol tidak terlalu besar saat penjemuran karena kapolaga ketika akan dijual haruslah yang sudah kering sob.

     Kalau sobat malas menjemur sih bisa juga tapi harga akan lebih murah tuh sob.

     Dalam Pemanenan sobat harus mencabut bersamaan dengan bonggolnya tuh sob karena bonggol buah tidak akan menghasilkan buah lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Perempelan pada tanaman Terong

Cara sambung pucuk tanaman takokak dengan terong mudah dan sederhana

Keunggulan pemupukan sistem kocor pada tanaman