Cara semai menggunakan daun pisang

     Hai, bagi kawan kawan yang ingin menyemai benih tanaman untuk dipindahkan nantinya kalian bisa menggunakan daun pisang sebagai pengganti pot. Daun pisang yang melimpah dimana-mana namun bagi yang belum mengetahuinya daun pisang tidak banyak digunakan untuk pertanian, maka dari itu kita coba memanfaatkan daun pisang yang melimpah itu sob agar bernilai guna, daripada kita buang atau bakar mending dipake untuk alat semai.
     penasaran bagaimana caranya sob?. Kita langsung saja ke pembahasan sob.
  • Langkah yang pertama sobat siapkan lidi dan ambil daun pisang di kebun, kebun tetangga juga boleh sob.hehe tapi dengan catatan izin dulu sob. Lalu bagi-bagi daun pisangnya sob kira kira seukuran 2 jari. Sobat bisa lihat ukurannya di gambar sob.

  • Setelah daun pisang yang tadi di sobek sobek sobat bulatkan daun pisangnya dan tusuk pake sapu lidi agar daun pisang bulat.

Beginilah sob penampakan hasil setelah daun pisang ditusuk sapu lidi, mudah kan sob setelah daun pisang bulat dan terkunci seperti ini tinggal ikuti langkah selanjutnya.


  • Langkah selanjutnya yang sobat harus  di lakukan untuk menyemai pastinya Isikan tanah pada daun pisang yang sudah bulat tadi namun hanya separuhnya saja dulu jangan sampai penuh sob. Lalu sobat tekan tanahnya tujuannya agar tanah nempel di daun pisang tersebut, karena daun pisang yang bulat tidak memiliki damparan bawahnya Alias bolong. 

  • Setelah daun pisang sudah diisi tanah separuhnya dan sudah menempel pada daun pisang atau tidak berjatuhan sobat tinggal masukan benih yang mau di semai sob.

  • Disini saya menggunakan benih mentimun, soalnya yang ada pas lagi ini sob ,hehe ..tapi sobat bisa gunakan benih apa saja yang sobat mau itu hanya contoh penyimpanan saja yah sob. Bila sobat sudah menaruh bibit sobat tinggal penuhi daun dan tutupi bibitnya dengan tanah lagi sob.
                      

    Tahapan semai sudah selesai sob, sobat tinggal simpan tuh persemaian di tempat yang aman dari jangkauan seperti ayam-ayam liar dan hewan lainnya sob. Dan jangan lupa rawat persemaiannya seperti menyiram bila semua kering atau buang rumput yang tumbuh di media semai itu juga kalau ada rumput liar tumbuh sih sob, agar semaian tumbuh sempurna seperti yang sobat harapkan
       Itulah sob cara semai pakai daun pisang sekian dan terkasih sudah berkunjung semoga bermanfaat sob.

Comments

Popular posts from this blog

Perempelan pada tanaman Terong

Cara sambung pucuk tanaman takokak dengan terong mudah dan sederhana

Keunggulan pemupukan sistem kocor pada tanaman